COMPILER
A.
Pengertian
Kompilator
(Inggris: compiler) adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan
program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program
yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.
Terlepas
dari pengertiannya yang demikian relatif luas, istilah kompilator biasa
digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam
bahasa pemrograman tingkat tinggi (semacam bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN,
Visual Basic, Visual C#, Java, xBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin,
biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.
Arsitektur
kompilator modern biasanya bukan lagi merupakan program tunggal namun merupakan
rangkaian komunikasi antar program dengan tugas spesifik masing-masing.
Program-program tersebut beserta tugasnya secara umum terdiri dari:
Kompilator itu sendiri, yang menerima kode
sumber dan menghasilkan bahasa tingkat rendah (assembly)
Assembler, yang menerima keluaran
kompilator dan menghasilkan berkas objek dalam bahasa mesin
Linker, yang menerima berkas objek keluaran
assembler untuk kemudian digabungkan dengan pustaka-pustaka yang diperlukan dan
menghasilkan program yang dapat dieksekusi (executable)
Kompilator
yang menggunakan arsitektur ini misalnya GCC, Clang dan FreeBASIC.
Beberapa
kompilator tidak menggunakan arsitektur di atas secara gamblang, dikarenakan
komunikasi antar program jauh lebih lambat dibandingkan jika komunikasi
dilakukan secara internal di dalam satu program. Sehingga kompilator-kompilator
tersebut mengintegrasikan assembler dan linker di dalam kompilator. Namun
demikian, biasanya arsitektur yang digunakan pun tidak kaku dan mengizinkan
penggunaan assembler maupun linker eksternal (berguna jika assembler dan linker
internal bermasalah atau memiliki galat). Kompilator yang menggunakan
arsitektur ini salah satunya adalah Free Pascal.
Profesor
Niklaus Wirth dalam bukunya Compiler Construction [1] menyatakan bahwa
penggunaan assembler sebagai bahasa perantara seringkali tidak memberikan keuntungan
yang signifikan, sehingga beliau menyarankan agar kompilator langsung
menghasilkan bahasa mesin. Kompilator dengan arsitektur seperti ini dapat
berjalan dengan sangat cepat, seperti yang ditunjukkan pada kompilator orisinil
Pascal, Modula-2 dan Oberon yang dibuat oleh sang profesor.
Kompilator
melakukan proses kompilasi dengan cara menganalisis kode sumber secara
keseluruhan, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi lebih
lama, namun hasilnya lebih cepat dalam proses eksekusi daripada program yang
dibuat dengan menggunakan teknik interpretasi dengan interpreter.
B.
Contoh Compiler
·
Codeblocks
CodeBlock
adalah IDE multi platform , dengan setting compiler yang bermacam-macam, untuk
GUI IDE ini dapat di download di http://www.codeblocks.org/downloads secara
gratis, karena opensource. Setelah anda mendapatkan GUI IDE CodeBlock dan
menginstall (setup.exe) secara cepat, anda dapat menjalankan dengan double
click icon di desktop atau melalui startup program di lingkungan windows.
Tampilan awal GUI IDE CodeBlock adalah
sebagaai
berikut :
- Menu File
Menu
File terdiri dari banyak sub menu yang dip aka untuk membuat, membuka, menutup
project, membuat, membuka/, menutup file, menyimpan file (project, *.c,*.h dan
lainnya). Secara umum tampak pada gambar di bawah :
- Membuat, membuka dan menutup Project
Pertama yang harus dilakukan
sebelum menulis kode adalah membuat project baru, dengan memilih Menu
File-New-Project, yang akan muncul dialog project sebagai berikut :
Pilih Console Application untuk
membuat project basis console,lalu klik Go. Setelah itu muncul dialog baru sebagai berikut :
Pilih C dan bukan
C++ untuk project anda, lalu klik Next, sehingga muncul dialog sebagai berikut
:
Setelah di klik finish maka terjadi perubahan dalam IDE
anda seperti gambar di bawah ini, yang menunjukan bahwa anda sudah berhasil
membuat project baru dengan nama ArrayPrj dan pada bagian management-project
berubah seperti gambar berikut :
Terlihat project sudah terbuat, sekaligus file program
utama (driver) sudah tercipta, sebaiknya nama file program utama ini anda rubah
sesuaikan kebutuhan. Untuk merubah nama file ini, langsung klik kana pada
bagian file (main.c) lalu pilih rename. Setelah itu tentukan nama file program
utama yang baru, misal drvarray.c, lalu klik OK, sehingga akan berubah
menjadigambar selanjutnya.
Jika anda ingin melihat /
mengedit isi dari drvarray.c , double klik pada drvarray.c dan akan muncul
jendela di kanannya seperti gambar di bawah ini
Untuk penambahan
file baru untuk project yang sedang kita kerjakan , maka kita klik menu file –
new – file seperti pada gambar di bawah ini
Ada tiga
pilihan untuk membuat file baru bagi project yang sedang kita kerjakan, yaitu
file header, source atau file kosong (empty). Jika kita akan membuat file
Header, maka kita pilih Header file dengan icon warna merah yang terdapat huruf
“h” dan kik Go,
Setelah Klik Go
akan muncul jendela seperti ini :
Setelah muncul dialog ini isi edit
box filename dengan nama file header, misal arr.h ataubrowse dan sesuaikan
tempatpenyimpanannya dengan klik tombol browse, lalu klik bagian checkbox
debug, seperti gambar berikut
Setelah isi nama file, klik Save,
sehingga dialog berubah menjadi sebagai berikut :
Setelah ini klik Finish, lalu akan
tampil gambar sebagai berikut :
Perhatikan di
bagian management project, sudah bertambah satufile header di bagian node tree
Header dengan nama arr.h, lalu di bagian editor juga langsung muncul isi file
header yang sudah otomatis di buatkan oleh CodeBlock. Sehingga kita tinggal
menambahkan kode di bagian blok #define hingga #endif Untuk membuat atau
menambahkan file source yang bukan program utama, caranya sama dengan
menambahkan file header, hanya bedanya saat menentukan jenis file, seperti
gambar berikut :
Selanjutnya
sebagai contoh untuk melakukan kompilasi dan membuat file .EXE editlah ketiga
file tersebut seperti di bawah ini :
Drvarray.c
#include
"arr.h"
int main()
{
printf("Panggil
Fungsi dan Cetak Hasilnya: %d",add(5,6));
return 0;
}
Arr.h
#include
<stdio.h>
#include
<stdlib.h>
#ifndef
ARR_H_INCLUDED
#define
ARR_H_INCLUDED
int add(int a,
int b);
#endif //
ARR_H_INCLUDED
Arr.c
#include"arr.h"
int add(int a,
int b){
return (a+b);
}
Kompilasi,
bulding project Untuk melakukan kompilasi , building, rebuilding dan run,
perhatikan menu Build, seperti gambar berikut, jika project belum pernah di
kompilasi, maka pilih build, atau Compile current File atau build and run.Jika
sudah pernah maka kita tinggal menjalankan dengan Run atau Rebuild, untuk short
cut sudah ada di sebelah menu tersebut.
Output hasil
running seperti di tunjukan pada windows di bawah ini :
Setelah semua
selesai dan sesuai rencana kita tinggal menyimpan project kita, susunan
directory yang terbentuk dari proyekyang kita bikin adalah sebagai berikut :
Jika susunan directory sesuai di
atas , maka anda telah berhasil membuat suatu program .
Sumber : http://belajar-bahasaprogram.blogspot.com/2011/12/cara-menggunakan-codeblock-dengan-cepat.html
terimakasih kak atas penjelasannya saya indah wulandari 1811500021
BalasHapuswebsite https://gokundi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id
Makasih yaa kak materinya, cukup jelas :) Saya jadi bisa ngerjain tugas kuliah 🙂 1811500029 Adysha Puspa Dewi.. Yuk, kunjungin website saya jugaa kak https://belajaryuk.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan ini website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id ..
BalasHapus